Saya yakin, banyak orang yang sudah sadar dengan pentingnya fokus dalam hidup, bekerja, dan bisnis. Namun ternyata, dalam pelaksanaanya masih banyak yang bingung atau belum bisa untuk fokus dalam suatu hal. Penyebabnya ialah banyak artikel yang menyarankan kita fokus, tetapi tidak memberitahu bagaimana caranya fokus.
Sekarang, saya akan jelaskan langkah demi langkah untuk mencapai kondisi fokus baik dalam kehidupan, bisnis, maupun dalam bekerja. Yang perlu kita perhatikan fokus ada pekerjaan mental dan akan mempengaruhi mental Anda juga. Saat kita tidak fokus, pikiran kita akan “kesana ke mari” sehingga tidak memiliki kekuatan untuk menghasilkan sesuatu.
Langkah pertama ialah identifikasikan hal-hal apa saja yang rasanya harus dilakukan. Tuliskan saja apa-apa yang Anda rasakan harus dilakukan. Fokus dulu ke perasaan Anda. Karena perasaanlah yang merasa terbebani. Tuliskan saja.
Langkah kedua ialah sama halnya dengan langkah pertama, tetapi Anda mulai menggunakan pikiran dan arsip. Jadi tidak hanya mengandalkan perasaan saja. Sekarang tanyakan, apa saja yang harus saya lakukan. Periksa arsip Anda, memo, email, surat, atau catatan ide ada termasuk apa yang Anda ingat.
Lakukan langkah pertama dan kedua ini sampai habis. Semua hal yang harus dilakukan sudah pindah ke dalam kertas. Kedua langkah ini akan mengurangi beban pikiran Anda, sebab semuanya sudah pindah ke dalam kertas.
Langkah ketiga adalah mengambil keputusan. Bacalah semua hal yang harus Anda lakukan tadi. Putuskan:
* Mana yang harus Anda lakukan sekarang juga. Biasanya pekerjaan yang sebentar yaitu kurang dari dua menit.
* Mana pekerjaan yang harus dilakukan segera. Penting tapi waktunya cukup lama.
* Mana pekerjaan yang ditunda atau dijadwalkan.
* Mana pekerjaan yang bisa Anda hapus atau dibatalkan. Usahakan Anda membatalkan pekerjaan sebanyak mungkin.
* Tandai juga hal-hal yang ternyata bukan pekerjaan atau tugas. Biasanya hanya sebagai referensi.
Saat memeriksa dan mengambil keputusan, selalu bertanya, apakah pekerjaan ini memberikan dampak yang besar bagi saya? Mana yang paling memberikan manfaat? Apa jadinya jika pekerjaan ini dibatalkan? Kapan waktu yang tepat mengerjakannya.
Jangan khawatir jika Anda bingung dalam mengambil keputusan. Saat bingung, berhentilah dulu. Kemudian tenangkan diri Anda, bisa dengan shalat dulu, membaca al Quran, dzikir, bermain dengan keluarga, dan hal-hal lain yang membuat Anda rileks. Biarkan pikiran bawah sadar Anda yang bekerja. Setelah itu coba lihat lagi daftar pekerjaan Anda. Analisa kembali sampai Anda mampu memutuskan.
Mungkin masih bingung. Jika bingung, gunakan feeling. Jika Anda sudah memiliki visi dan visi itu menjadi bagian hidup Anda, maka feeling Anda akan mengarahkan hidup Anda ke arah yang sesuai dengan visi Anda. Jika ragu terhadap suatu pekerjaan, masukan saja ke dalam kategori “ditunda”.
Pisah-pisahkan pekerjaan yang harus dilakukan sekarang, segera, terjadwal, ditunda. Fokuslah pada pekerjaan sekarang. Ambil tindakan cepat untuk menyelesaikannya. Lupakan pekerjaan lain. Anda tidak perlu khawatir dengan pekerjaan lain sebab sudah Anda simpan pada sebuah sistem “di luar” kepala Anda.
Review kembali daftar ini setidaknya seminggu sekali karena pasti banyak mengalami perubahan. Ambil lagi keputusan, mana yang akan menjadi fokus. Lakukan terus menerus.
ruj: http://www.motivasi-islami.com/artikel/bagaimana-cara-fokus/
p/s
Betullah, selepas saya selami, memang artikel ini ada benarnya. Sebagai seorang dai, pejuang agama Allah, fokus dalam kerja dakwah kita merupakan sesuatu yang amart benar pada hari ini. Saya telah melakukan langkah-langkah yang dicadangkan di dalam artikel ini, bahkan ketika saya membaca artikel ini, kita perlu lakukan juga untuk senarai kerja-kerja dakwah kita. Sebagai agensi dakwah atau persatuan yang berada di dalam rantaian dakwah, baik bekerja ataupun bersama NGO, senarai panjang tugasan dakwah perlu dilakukan dan perlu diteliti sebaik mungkin.
Saya teringat kepada satu pepatah, "If you fail to plan, you are planning to fail". Islam adalah kehidupan kita dan perlu dirancangkan sebaik mungkin. Jika pada zaman sahabat, mereka akan bermuhasabah setiap pagi dengan apa yang mereka telah lakukan semalam dan apa yang akan mereka lakukan hari ini. Ini kerja-kerja yang telah dibuat dan kita wajib teruskan bahkan kita hari ini dah punya pelbagai kemudahan seperti 'organizer', diari dan sebagainya. Persoalannya, mengapa kita masih belum sampai ketahap yang terbaik dalam kerja-kerja kita? Kerana kita tidak fokus dan tidak melakukannya dengan bersungguh-sungguh dan tidak dengan sepenuh hati kita.
TUNE-lah diri kita.
2 comments:
saya suka dgn penulisan abg yang sebelum ni. saya akan jadikan rujukan utk pergerakkan keseluruhan. tq
Kita kongsi sesama, abang pun dalam proses penambahbaikkan dan pemulihan, kita semua sama... selalu la berkumpul dan berbincang...
http://kamarulazami.blogspot.com
Post a Comment